Please enable JavaScript.
Coggle requires JavaScript to display documents.
T5 KONEKSI ANTAR MATERI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL, ELIS SUSIANA, NAMA…
T5 KONEKSI ANTAR MATERI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
SCHOOL WELL-BEING
PENGERTIAN
School Well-Being
merupakan kondisi dimana individu dapat memenuhi kebutuhan dasarnya baik materiil maupun non materiil di sekolah
4 DIMENSI
Dimensi menurut Konu dan Rimpela (2002)
Having
(Kondisi atau situasi sekolah)
Loving
(mengarah pada hubungan sosial)
Being
(Pemenuhan Diri)
Health
(Status kesehatan peserta didik atau guru)
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
Kondisi Sekolah
Stress pada guru
Kemampuan Sosial Emosional
Kepribadian Peserta Didik
IKLIM RUANG KELAS
High control Low warmth
High control High warmth
Low control High warmth
Low control Low warmth
KONEKSI ANTAR MATERI SCHOOL WELL-BEING DAN EXPERIENTIAL LEARNING
Keduanya memiliki peran penting dalam membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajarannya melalui pengalaman belajar sesuai dengan kebutuhan belajarnya.
Bagaimana membuat kelas Anda menjadi lebih aktif dan mau terlibat? Bagaimana Anda nantinya dapat mengakomodir peserta didik Anda? Materi apa saja yang Anda pelajari yang dapat digunakan?
Menggunakan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan interaktif, menyesuaikan materi dan metode pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta menciptakan lingkungan belajar
well-being
bagi semua peserta didik.
Materi yang digunakan untuk meningkatkan partisipasi dan kesejahteraan peserta didik di kelas seperti keterampilan sosial emosional, dimensi
school well-being
dan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi
school well-being
.
Materi lain/MK apa yang dapat Anda terapkan bersamaan dengan MK ini?
PRINSIP PENGAJARAN DAN ASESMEN YANG EFEKTIF
Mata kuliah ini dapat diterapkan dengan mata kuliah PPAE, dimana dalam merancang pembelajaran guru perlu memperhatikan faktor dan dimensi
school well-being
agar peserta didik dapat merasa bahagia dalam lingkungan belajarnya sehingga akan lebih fokus dan berhasil dalam belajar.
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
Ini dapat diterapkan bersamaan dengan PPL karena dapat mempraktikkan secara langsung strategi pembelajaran yang relevan dengan
school well-being
di lingkungan belajar yang sebenarnya. Hal ini dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan pengajaran yang praktis. Selain itu, dapat mempraktikkan pembelajaran sosial emosional bersamaan dengan observasi, praktik terbimbing dan praktik pembelajaran mandiri.
ELIS SUSIANA
YULIA ANUGRAHWATI
PENDIDIKAN SOSIOLOGI
F4361221004
PENDIDIKAN EKONOMI
F4311221068
NAMA KELOMPOK